Wednesday 25 March 2015

Tips memotret dengan ponsel smartphone


Ini adalah tips yang bisa anda pakai untuk memaksimalkan kualitas foto dari kamera handphone, apapun merk handphone anda, silahkan:
  1.        Jangan gunakan zoom, lebih baik mendekatlah ke objek. Apabila menggunakan zoom gambar akan pecah dan hasilnya tidak akan fokus. Jadi gunakanlah jarak yang cukup ketika akan mengambil foto.
  2.        Pastikan cahaya cukup. Usahakan memotret dengan cukup cahaya, bila kurang cahaya gunakan flash yang tersedia di ponsel tapi jangan harap flash nya bisa mengisi seluruh ruangan yang kurang cahaya.
  3.        Pegang ponsel anda se stabil mungkin. Ini dikarenakan bila tangan anda goyang maka hasil nya tidak akan fokus dan cenderung blur. Bila perlu gunakan tripod
  4.        Baca tips komposisi agar foto yang dihasilkan bisa bagus. Tapi menurut para potografer tenar bahwa dalam aturan pertama dalam fotografi adalah tidak ada aturan,  yang ada adalah selera. Jadi jangan terpaku dengan aturan
  5.        Cobalah memotret dengan sudut yang berbeda misalnya dari bawah atau atas.
  6.        Pilihlah resolusi kamera yang tertinggi, dengan resolusi tinggi kita bisa mencetak dalam ukuran besar dan memiliki detail lebih banyak tapi resolusi tinggi tidak menjamin foto bagus karena ukuran sensor kamera berpengaruh terhadap hasil.
  7.        Pastikan lensa kamera selalu bersih, siapkan tisu lembut atau lap pembersih kaca mata untuk membersihkan lensa
  8.        Foto se sering mungkin, tujuan nya apa agar kita bisa latihan untuk memotret dengan begitu kita akan banyak belajar.


Mungkin ini sedikit tips dari saya semoga bermanfaat.


Yoga Chandra

No comments:

Post a Comment